7 Air Terjun di Malang dan Batu Paling Hits

7 Air Terjun di Malang dan Batu Paling Hits

Sudah tahukah Anda akan mampir kemana saat berliburan di Batu atau Malang nanti? Jika belum, mungkin inilah saat yang tepat untuk berliburan dengan tema alam.

Cobalah untuk berkunjung ke beberapa air terjun yang ada di Kota Batu dan Kota Malang. Anda akan mendapatkan sajian panorama alam yang sangat indah dan sayang untuk dilewatkan.

Air terjun apa saja yang tak boleh dilewatkan ini? berikut adalah beberapa air terjun di Kota Batu dan Kota Malang yang direkomendasikan.

1. Air Terjun Coban Talun

Bak air terjun di negeri dongeng, Anda pasti juga akan terpaku dengan keindahan alam di air terjun yang satu ini.

Bicara soal perbandingan, bisa dikatakan air terjun yang terletak di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji ini sama indahnya dengan air terjun yang berada di Lombok atau di Bali.

Untuk bisa berliburan di Air Terjun Coban Talun Anda harus rela melakukan perjalanan darat sejauh 15 kilometer an dari pusat Kota Malang.

Jika dihitung, durasi perjalanan ini bisa mencapai satu setengah jam bila menggunakan transportasi pribadi.

Disarankan untuk datang ke air terjun ini di hari yang cerah. Pasalnya, saat hari sedang cerah atau matahari bersinar, air yang terpercik di sekitaran air terjun ini akan terkena sinar matahari dan memantulkan cahaya-cahaya pelangi di atas bebatuan.

Bisa terbayang bagaimana indahnya bukan?

Selain cahaya-cahaya pelangi, air terjun ini juga dipenuhi dengan bebatuan besar di bagian bawahnya, yang mana akan membuat panorama alam di air terjun ini semakin maksimal indahnya.

Jika Anda tertarik untuk menikmati keindahan Air Terjun Coban Talun maka siapkan 5 ribu rupiah untuk membeli satu tiket masuk, 2 ribu rupiah untuk parkir motor, dan 5 ribu rupiah untuk mobil.

2. Air Terjun Coban Pelangi

Jika Anda sedang berlibur di sekitar kaki Gunung Bromo Tengger maka jangan sampai Anda melewatkan begitu saja Air Terjun Coban Pelangi.

Air Terjun Coban Pelangi tepatnya berada di Desa Gubugklakah, Kecamatan Poncokusumo.

Karena terletak di kaki Gunung Bromo Tengger, air terjun ini dinobatkan sebagai salah satu wanawisata yang mana dilindungi dan dirawat oleh Perum Perhutani KPH Malang.

Air terjun yang juga dikelilingi oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini berada di ketinggian sekitar 1200 an meter dari permukaan laut.

Sehingga wajar saja jika Anda berliburan kesana mendapati suhu sebesar 19 sampai 23 derajat celcius.

Disarankan untuk datang ke Air Terjun Coban Pelangi di pagi hari. Alasannya, saat pagi hari biasanya masih ada kabut pagi yang sejuk di sekitar kawasan ini yang membuat keindahannya semakin bertambah.

Jika Anda datang kesana pada musim hujan, maka Anda diharapkan meninggalkan lokasi sebelum jam empat sore demi menjaga keselamatan.

Siapkan 5 ribu rupiah saja untuk beli satu tiket masuk, 2 ribu rupiah untuk parkir sepeda motor, dan 5 ribu rupiah untuk parkir mobil.

3. Air Terjun Coban Nirwana

Coban Nirwana Malang

Selain disebut sebagai Air Terjun Coban Nirwana, air terjun yang seindah ilustrasi air terjun di surga ini juga sering disebut sebagai Air Terjun Coban Mbok Karimah.

Bisa dikatakan air terjun ini masih baru ditemukan dan sedang hits di kalangan traveller. Lalu mengapa air terjun ini memiliki sebutan sedemikian rupa? Ya, karena air terjun ini belum memiliki nama resmi.

Air Terjun Coban Nirwana tak setinggi air terjun sebelumnya, namun memiliki panorama yang cukup berbeda dari air terjun sebelumnya.

Masih jarang dikunjungi, jangan ragu untuk mengunjungi air terjun ini. disana Anda bisa mendapatkan spot foto yang keren dan sangat alami dari perpaduan air yang seperti tumpah dari atas dan dikelilingi bebatuan yang berwarna coklat muda.

Air terjun yang masih gratis untuk dinikmati ini berlokasi di Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Untuk menuju kesana, Anda harus berhati-hati karena jalanannya belum terlalu bagus.

4. Air Terjun Coban Rondo

Ada cukup banyak wisata yang bisa Anda temukan di Desa Pandansari yang berada di Kecamatan Pujon, salah satunya adalah Air Terjun Coban Rondo.

Air terjun ini dinilai sebagai air terjun terbaik di Malang dan wajar saja popularitasnya lebih besar dibanding air terjun sebelumnya.

Selain memiliki panorama alam yang indah, berbagai aktivitas bisa dilakukan di kawasan wisata ini.

Adapun aktivitas yang bisa Anda lakukan adalah outbond, camping, air soft gun, flying fox, jungle trekking, tubing, paintball, hingga sekedar berbelanja tanaman organik.

Air Terjun Coban Rondo adalah destinasi yang tepat untuk Anda yang datang sendiri untuk menjernihkan pikiran atau datang bersama keluarga untuk rekreasi karena disana juga ada berbagai taman hiburan.

Untuk masuk ke air Terjun Coban Rondo Anda akan dikenakan biaya 15 ribu rupiah.

5. Air Terjun Sumber Pitu Tumpang

Ada yang menilai bahwa asal usul penamaan nama air terjun ini karena adanya tujuh mata air yang berbeda.

Tujuh sumber mata air ini bersatu dan menghasilkan sebuah air terjun dengan tujuh aliran air yang berdekatan. Kecantikan dari Air Terjun Sumber Pitu Tumpang bisa bersaing dengan beberapa air terjun sebelumnya.

Ketinggian air terjun ini sebesar 70 meter dan terletak di tengah hutan. Anda yang membutuhkan wisata untuk ketenangan batin disarankan untuk datang ke air terjun ini.

Siapa yang bisa melewatkan keindahan alam dari perpaduan hijaunya hutan dan tujuh air terjun yang indah? Oleh karena itu, saksikanlah sendiri bagaimana keindahan air terjun ini.

Terletak di dekat Air Terjun Ringin Gantung, Air Terjun Sumber Pitu Tumpang tepatnya berlokasi di Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Kota Malang. Harga tiket yang dibanderol untuk wisata ini sebesar Rp 12.500.

6. Air Terjun Ringin Gantung

Memang benar air terjun ini dekat dengan Air Terjun Sumber Pitu Tumpang, namun panorama alam yang akan Anda saksikan cukup berbeda drastis. Meksi berbeda, keduanya sama-sama indah dan sayang untuk dilewatkan.

Lebih pendek dari barisan Air Terjun Sumber Pitu Tumpang, air terjun ini hanya memiliki ketinggian sebesar 40 meter saja.

Salah satu alasan mengapa air terjun ini diberi nama sedemikian rupa adalah karena air terjun ini menempel pada sebuah pohon beringin yang besar.

Medan menuju Air Terjun Ringin Gantung cukup menantang, sehingga saat Anda memutuskan berliburan kesana Anda akan diberi kesempatan berliburan yang melatih adrenalin dan panorama alam yang indah sebagai bonusnya.

Harga tiket masuk ke air terjun ini dihargai sebesar 15 sampai 25 ribu rupiah.

7. Air Terjun Coban Jahe

Berlokasi di Dusun Begawan, Desa Pandansari Lor, Kecamatan Jabung, ada taman yang indah disana yang mana membingkai air terjun ini sendiri.

Tebingnya menjulang tinggi, ada berbagai pepohonan besar di sekitarnya yang semakin menambah kesan alami dari air terjun ini.

Jika Anda berliburan kesana untuk menikmati pesonanya saja maka akan dikenakan harga tiket sebesar 5 ribu rupiah, namun jika Anda ingin mencoba river tubing Anda bisa menyiapkan dana sebesar 75 sampai 150 ribu rupiah.

Jika anda suka dengan wisata alama, Anda juga bisa menjajaki untuk mendaki beberapa gunung di Malang yang terkenal dengan keindahannya.

Selama berada di Batu, Anda bisa menginap di Villa Balqis yang berlokasi sangat dekat dengan beberapa objek wisata di Kota Batu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *