Cara Menuju Kota Wisata Batu dan Malang

Cara Menuju Kota Wisata Batu dan Malang

Kota Batu adalah salah satu objek wisata yang sangat terkenal di Jawa Timur. Cara menuju kota Batu dan Malang dari Surabaya atau kota kota lain di Indonesia sangat mudah sebab transportasi sudah sangat memadai.

Apalagi Pemerintah Kota Batu sangat gencar mempromosikan dan mengembangkan objek wisata yang ada. Anda tentu sering mendengar beberapa diantaranya, seperti Selecta, Jatim Park, sampai Museum Angkut yang populer.

Untuk menjangkau kota Batu dan Malang tidak terlalu sulit. Anda bisa menggunakan berbagai pilihan moda transportasi yang tersedia.

Wisatawan dari luar kota bisa memanfaatkan transportasi darat maupun udara untuk sampai kesini. Setelah sampai di Batu pun, Anda bakal menemukan transportaasi dengan mudah.

Berbagai jenis transportasi umum tersedia di seluruh sudut kota, termasuk objek wisata sekitaran Batu.

Transportasi Udara Menuju Kota Batu

Kota Batu hanya bisa dijangkau dengan 2 jalur transportasi, yakni darat dan udara. Buat jalur udara, Anda harus rela singgah di kota Malang, yakni Bandara Abdul Rahman Saleh.

Meskipun Batu menjadi kota wisata, Anda tak akan menemukan bandara disini. Mau tak mau Anda harus menempuh perjalanan darat dari kota Malang ke Batu.

Anda harus menempuh perjalanan sejauh 15 km dari Bandara Abdul Rahman Saleh. Waktu tempuh hanya berkisar 1,5 jam saat kondisi jalan tidak terlalu macet atau normal.

Jika Anda datang di akhir pekan, waktu tempuh akan lebih lama. Mengingat Batu kian populer sebagai kota wisata, jangan heran kalau perjalanan kesana bakal macet.

Bandara Abdul Rahman Saleh hanya melayani penerbangan domestik atau dalam negeri. Wisatawan asing harus transit dulu di Bandara internasional Soekarno Hatta sebelum melanjutkan penerbangan kesini.

Rute penerbangan menuju Malang memang masih terbatas, hanya tersedia beberapa rute saja. Itulah mengapa kondisi bandara masih terhitung lengang di hari-hari biasa.

Pembatasan rute penerbangan Bandara Abdul Rahman Saleh bukan tanpa alasan. Pasalnya, bandara ini dikelola oleh pemerintah provinsi, bukan PT Angkasa Pura.

Tak usah bingung kalau penerbangan langsung kesini dari kota Anda tak tersedia. Walaupun demikian, Anda bisa memilih penerbangan ke Bandara Juanda, Surabaya.

Kedua kota ini hanya berjarak 90 km dengan waktu tempuh tidak lebih dari 5 jam.

Pilihan Transportasi Darat ke Kota Batu

Selain tranportasi udara, kota Batu juga mudah dijangkau melalui jalur darat. Anda bisa memilih moda transportasi darat, seperti bus dan kereta dengan tujuan Malang.

Kota Malang memang menjadi persinggahan untuk semua moda transportasi dari dan menuju Batu. Hal ini dikarenakan infrastruktur transportasi kota Batu yang memang belum terlalu berkembang.

Dua pilihan transportasi darat yang umum digunakan oleh para wisatawan adalah:

1.    Kereta Api

Kereta api jadi pilihan tepat untuk wisatawan yang ingin menikmati perjalanan nyaman. Anda tidak perlu berdesak-desakan dengan penumpang lain.

Waktu tempuhnya pun jauh lebih cepat dibanding bus yang kerap dilanda macet. Pilihan kereta api juga bisa disesuaikan dengan kemampuan kantong, yakni eksekutif, bisnis, dan ekonomi.

Dari kota Jakarta, KA eksekutif Bima dan Gajayana bisa jadi pilihan.

Selain harganya lebih murah dari pesawat, kenyamanannya jauh lebih baik daripada bus. Rute Jakarta – Malang tersedia setiap hari dengan berbagai pilihan jadwal keberangkatan.

Nantinya, Anda bisa turun di Stasiun Kota Malang untuk melanjutkan perjalanan kembali.

Menariknya, ada juga kereta api khusus yang melayani rute Yogyakarta – Malang dan sebaliknya. Rute ini dilayani oleh KA Malioboro Express yang menyediakan kelas eksekutif dan ekonomi AC.

Penumpang hanya memerlukan waktu sekitar 8 jam perjalanan untuk sampai ke pusat kota Malang. Dari sisi kenyamanan, moda transportasi ini tentu nyaman dan terjangkau pula di kantong.

2.    Bus

Masih bingung mencari moda transportasi yang ramah di kantong? Bus mungkin bisa jadi alternatif transportasi untuk menemani perjalanan Anda.

Dari sisi harga, tentu tiket bus jauh lebih murah dibandingkan kereta api. Sayangnya, waktu tempuh menggunakan bus jauh lebih panjang daripada kereta api.

Setidaknya, Anda harus menghabiskan sekitar 19 jam dalam perjalanan.

Waktu tempuh bisa lebih panjang, bila kondisi jalan terganggu. Mengingat medan jalan Jakarta – Malang tidak selalu bagus dan lancar, Anda harus mempersiapkan diri.

Bawalah obat-obatan yang dibutuhkan untuk mencegah mabuk darat. Guncangan dan jalan berkelok bakal sering Anda rasakan sepanjang perjalanan menuju dan kembali dari kota Malang.

Berbagai Jenis Transportasi Lokal di Area Batu

Seperti yang kita ketahui, semua moda transportasi umum tidak langsung menjangkau pusat kota Batu. Anda harus singgah terlebih dahulu di kota Malang untuk melakukan transit.

Setelah itu, perjalanan baru bisa dilanjutkan menuju kota Batu. Hal ini berlaku untuk perjalanan darat maupun udara.

Jadi, Anda harus memperhitungkan pula waktu dan ongkos transportasi yang harus dikeluarkan.

Meskipun harus melakukan perjalanan lanjutan dari kota Malang, Anda tak perlu terlalu khawatir. Berbagai moda transportasi tersedia di sekitar bandara, stasiun, maupun terminal.

Cukup pilih transportasi umum yang sesuai dengan kemampuan keuangan. Jika masih bingung menentukan pilihan, berikut kami beri penjelasan beberapa trasportasi lokal dari Malang ke Batu:

1.    Ojek

Anda bakal mudah menemukan para pengemudi ojek tengah mangkal. Tarif ojek disini terhitung masih murah, Anda hanya perlu bernegosiasi dengan pengemudi langsung.

Tidak ada tarif jelas terkadang jadi masalah serius. Oleh sebab itu, jangan sungkan untuk menawar ongkos ojek yang diberikan pengemudi.

Ojek sendiri bisa dimanfaatkan untuk menjangkau lokasi yang cukup sulit, terutama area tanpa rute bus atau angkot.

Perjalanan menggunakan ojek juga jauh lebih praktis dan efisien, Anda bisa lebih menghemat waktu. Kalau Anda tidak terlalu terburu-buru, mungkin pilihan transportasi umum lain bisa jadi pilihan.

2.    Angkot

Jangan heran kalau melihat angkot di kota Batu berwarna-warni. Disini, warna angkot sengaja dibedakan untuk mempermudah para penumpang.

Setiap rute angkot diberi warna khusus, sehingga Anda tidak perlu menghafal kode tertentu. Contohnya saja, angkot merah muda bergaris hijau yang melewati rute Batu – Bumiaji.

Selain warna yang beda, setiap angkot juga ditandai dengan huruf awal setiap rute, misalnya BB untuk Batu – Bumiaji.

Tarif angkot dalam kota sendiri hanya berkisar Rp 4.000 per penumpang untuk sekali jalan. Hampir seluruh objek wisata kota Batu bisa ditempuh dengan menggunakan angkot, jadi tak usah cemas.

3.    Bus

Walaupun termasuk transportasi lokal, ternyata bus kota Batu juga melayani beberapa wilayah sekitar. Anda bisa menemukan bus dari kota Kediri, Surabaya, dan Malang yang hilir-mudik di area kota.

Bagi wisatawan yang berasal dari 3 kota tersebut, beruntunglah Anda. Pasalnya, Anda tak perlu pusing mencari transportasi umum yang murah dan nyaman.

Menginap di Villa Balqis Batu

Villa Balqis Batu berada di jantung kota Batu, lokasinya sangat strategis karena berdekatan dengan beberapa destinasi wisata terkenal seperti Jatim park 3.

Jika Anda adalah rombongan atau keluarga yang sedang berlibur di Batu, Anda bisa menghemat biaya penginapan dengan menyewa satu rumah penuh dan lengkap.

Villa balqis memiliki 2 kamar tidur 2 kamar mandi water heater, perlengkapan dapur, perlengkapan memasak, perlengkapan makan, ruang makan dan ruang tamu yang luas serta teras dan garasi yang aman.

Harga sangat murah, silahkan hubungi kami disini untuk booking villa balqis batu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *