Lokasi, Harga Tiket dan Foto-Foto Coban Rais

Lokasi, Harga Tiket dan Foto-Foto Coban Rais

Malang dan Batu memang digadang-gadang menjadi daerah yang memiliki banyak wisata air terjun atau “coban”.

Ya, di dua kota ini Anda bisa dengan mudah menemukan air terjun yang mana semuanya sama-sama indah dan pasti akan bingung rasanya untuk memilih salah satu saja.

Tak perlu khawatir jika Anda masih bingung akan mengunjungi air terjun yang mana karena kesemuanya tampak indah di internet, karena Anda bisa memilih Coban Rais sebagai destinasi air terjun pertama saat di Malang nanti.

Apa yang spesial dari Air Terjun Coban Rais ini? Cukup banyak, pada artikel ini kami akan mengulas beberapa alasan mengapa Coban Rais ini patut dipilih daripada air terjun lainnya dan beberapa informasi untuk Anda yang ingin kesana.

Sekilas Tentang Air Terjun Coban Rais

Air terjun ini bukannya sudah ada dari dulu dengan nama yang sekarang, dulunya air terjun ini disebut sebagai Coban Sabrangan.

Diketahui alasan mengapa air terjun ini dinamakan sedemikian rupa tadinya karena pengunjung harus menyeberangi banyak sungai dulu untuk bisa menjamah air terjun ini.

Tak berbeda dengan coban-coban lain di Malang dan Batu, Coban Rais ini juga terletak di area pegunungan.

Air Terjun Coban Rais terletak di Gunung Panderman, sebuah gunung setinggi 1025 meter dari permukaan laut.

Coban Rais sendiri hadir sebagai air terjun yang indah dengan ketinggian 20 meter, bisa dikatakan lebih pendek dari kebanyakan air terjun yang ada.

Saat awal dibuka, Coban Rais ini cukup sepi pengunjung karena memang belum terkenal dan masih berupa panorama alam air terjun saja.

Tetapi sejak diberikannya berbagai wahana dan atraksi tambahan di kawasan wisata ini, pengunjung mulai ramai berdatangan.

Salah satu atraksi yang ada di kawasan ini adalah Bukit Bulu Batu Flower Garden yang mana menjadi spot terpadat saat didatangi pengunjung.

Bukit Bulu Batu Flower adalah atraksi yang dibangun di bagian atas air terjun berupa taman bunga dan aneka spot foto.

Meskipun Coban Rais menjadi ramai sejak ditambahkannya berbagai atraksi dan wahana, bukan menjadi alasan yang tepat juga bahwa Coban Rais sepi pengunjung saat awal dibuka.

Coban Rais tetap bisa menghadirkan wisata dengan panorama alam yang sangat oke tanpa harus adanya wahana dan atraksi.

Rute Perjalanan dan Lokasi Air Terjun Coban Rais

Air Terjun Coban Rais berlokasi di Dusun Dresel, Desa Oro Oro Ombo, Kecamatan Batu.

Lokasi tepatnya air terjun ini cukup jauh dari jalan utama, sehingga Anda harus berhati-hati, baik berhati-hati supaya tidak tersesat dan berhati-hati supaya tidak terpeleset licinnya jalan.

Jarak yang akan Anda tempuh untuk menuju Air Terjun Coban Rais sebesar 7 kilometer dari pusat Kota Batu, dan sejauh 3,5 kilometer saja dari Bumi Perkemahan Coban Rais.

Perjalanan tak hanya sampai di gerbang wisata ini saja, setelah memarkirkan motor atau mobil Anda akan melakukan perjalanan kaki yang cukup melelahkan.

Ya, Anda harus berjalan sejauh 5 kilometer an dari tempat parkir untuk mencapai Coban Rais yang sebenarnya.

Disarankan untuk datang dengan kondisi kesehatan yang prima ketika berliburan ke Coban Rais.

Jalanan yang nantinya akan Anda lewati berupa jalan setapak yang tidak terlalu kecil serta melewati berbagai lembah dan sungai yang mana rasanya pasti akan seru.

Jika saat bertransportasi darat Anda kesulitan menemukan air terjun ini, maka Anda bisa memanfaatkan Google Maps dengan mengetikan kata kunci “Air Terjun Coban Rais”.

Fasilitas yang Ada Di Air Terjun Coban Rais

Karena tergolong sebagai destinasi wisata yang besar dan mencakup berbagai atraksi serta wahana, Anda tidak akan kesulitan mencari fasilitas yang anda butuhkan disana.

Telah tersebar toilet yang bersih supaya Anda dan keluarga tidak kesusahan saat mencarinya.

Telah disediakan juga lahan parkir yang luas supaya bus-bus besar yang datang dapat dengan mudah memarkirkan. Anda juga akan dimudahkan dalam mencari tempat parkir di musim liburan karena luasnya lahan parkir ini.

Karena akan melewati perjalanan yang cukup jauh, sudah ada banyak penjual makanan dan minuman disana sehingga Anda tidak perlu panik apabila merasa haus atau lapar.

Selain penjual makanan dan minuman kecil, Anda juga bisa menemukan cafe di sekitar sana yang tempatnya cukup luas.

Cafe ini menyediakan berbagai menu lezat seperti bakso, nasi goreng, bakmi goreng, soto, dan menu lainnya.

Wahana dan Atraksi di Air Terjun Coban Rais

Atraksi pertama yang mungkin akan Anda sukai adalah Bukit Bulu batu Flower Garden. Ada juga berbagai spot foto bagus yang bisa langsung Anda coba saat sampai.

Spot foto tersebut antara lain hammock, sky bike, bukit cinta, taman bunga, gardu pandang, rumah hobbit, ayunan, sepeda gantung, dan masih banyak lagi.

Kawasan Wisata Air Terjun Coban Rais juga menyediakan camping ground yang memberikan Anda kesempatan untuk merasakan camping di dekat air terjun.

Suasana nyaman dan damai disana membuat berbagai komunitas di Indonesia menjadikan Air Terjun Coban Rais sebagai tempat camping dan outbound sekaligus.

Harga Tiket Masuk dan Biaya Atraksi Di Air Terjun Coban Rais

Untuk memasuki kawasan wisata Air Terjun Coban Rais Anda perlu menyiapkan dana sebesar 5 ribu rupiah saja untuk satu orang.

Sedangkan Anda yang juga ingin merasakan rekreasi di Bukit Bulu Batu Flower Garden akan dikenakan biaya tambahan sebesar 25 ribu rupiah.

Ada biaya lain yang juga perlu Anda siapkan untuk bisa berswafoto di spot-spotnya yaitu sebesar 15 sampai 35 ribu rupiah per spotnya.

Anda juga bisa menggunakan jasa kamera supaya foto yang dihasilkan lebih sempurna, yaitu dengan menyiapkan dana sebesar 10 ribu rupiah.

Bagi Anda yang ingin berfoto di spot foto I Love You akan dikenakan biaya 10 ribu rupiah.

Biaya yang sama juga akan dikenakan untuk anda yang ingin berfoto di spot Sky Bike dan ayunan ekstrim.

Anda bisa juga berfoto di hammock tower yang mana mengharuskan pengunjung membayar 15 ribu rupiah.

Perjalanan dari tempat parkir menuju kawasan air terjun atau Bukit Bulu Batu Flower Garden memang cukup jauh, dan kabar baiknya Anda bisa menggunakan jasa ojek supaya tidak terlalu lelah.

Anda bisa menggunakan jasa ojek dengan membayar 25 ribu rupiah saja.

Dibolehkan membawa kamera sendiri untuk pengunjung, namun ada beberapa tarif yang perlu dibayarkan kepada petugas.

Adapun biaya-biaya tersebut antara lain biaya tambahan untuk mereka yang membawa kamera action, yaitu sebesar 10 ribu rupiah.

Tambahan biaya sebesar 15 ribu rupiah untuk mereka yang membawa kamera DSLR, dan tambahan 75 ribu rupiah bagi yang membawa drone.

Penutup

Itulah berbagai informasi yang mungkin akan membantu Anda saat disana atau sebelum pergi ke Air Terjun Coban Rais.

Anda bisa sekedar refreshing dan mendapatkan kedamaian dengan menyaksikan keindahan alam disana, juga bisa mendapatkan foto-foto dengan background bagus.

Ingin istirahat setelah jalan-jalan ke Coban Rais? Anda bisa menginap di tempat kami Villa Balqis Batu, harga lebih murah dibanding villa sejenis di sekitarnya dan lokasi yang sangat dekat dari Jatim Park 3.

Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih detail.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *