Daftar Gunung di Malang yang Wajib Dikunjungi

Daftar Gunung di Malang yang Wajib Dikunjungi

Saat di Malang pasti kita akan langsung diarahkan atau disarankan untuk mengunjungi wisata yang berbau alam, misalnya berbagai dataran tinggi yang ada disana.

Anda akan disarankan untuk berlibur ke air terjun atau di gunung saat datang ke Malang. Gunung adalah pilihan destinasi yang tepat bagi Anda yang ingin berliburan di Malang.

Pasalnya, tak semua daerah di Indonesia memiliki gunung yang seindah atau seunik gunung-gunung di Malang. Lalu gunung apa saja yang bisa dikunjungi saat di Malang?

Berikut adalah beberapa gunung yang direkomendasikan untuk dijadikan destinasi wisata selama di Malang.

Gunung Welirang

Apakah nama Gunung Welirang cukup asing di telinga Anda? Jika iya, maka saatnya berkenalan dengan gunung yang satu ini.

Gunung Welirang sendiri adalah salah satu gunung di Malang yang letaknya berdekatan dengan Gunung Arjuna.

Meski berdekatan, gunung ini rupanya cukup berbeda. Jika Gunung Arjuna sendiri dinyatakan sebagai gunung yang sudah tidak aktif lagi.

Lain halnya dengan Gunung Welirang, gunung ini masih dinyatakan sebagai gunung aktif yang mana kerap kali ditemui muntahan belerang dan asap di sekitarnya.

Gunung setinggi 3156 meter dari permukaan laut ini cocok untuk Anda yang masih ingin mendaki gunung setelah mendaki Gunung Arjuna.

Namun demikian, pengalaman yang cukup berbeda akan anda bawa pulang nantinya.

Ya, jika Anda memutuskan untuk mendaki Gunung Welirang Anda akan menjumpai banyak penambang yang aktif bekerja disana.

Mereka menambang belerang yang mana merupakan hasil muntahan Gunung Welirang. Belerang yang mereka tambang ini nantinya dibawa turun menggunakan Jeep.

Disana sudah ada beberapa shelter untuk menginap para penambang saat berhari-hari melakukan penambangan.

Jika saat mendaki Anda berpapasan dengan penambang-penambang di sana maka disarankan untuk memberi mereka jalan terlebih dahulu. Alasannya, mereka yang menambang belerang telah membawa muatan yang besar.

Gunung Arjuna Malang

Inilah gunung yang terletak di dekat Gunung Welirang. Gunung Arjuna digadang-gadang sebagai gunung yang paling terkenal dari Kota Malang.

Gunung ini memiliki ketinggian sebesar 3339 meter dari permukaan laut, selisih beberapa ratus meter dari Gunung Welirang.

Mereka yang memutuskan mendaki di gunung ini biasanya merupakan mereka yang sedang mendalami pendidikan dasar mendaki.

Adapun trek atau jalur yang bisa dipilih oleh pendaki ada tiga, yaitu jalur Tretes, Batu, dan Lawang. Mereka yang memilih jalur pendakian Tretes biasanya mereka yang berencana akan mendaki Gunung Welirang sekalian.

Mereka yang memilih jalur pendakian Tretes juga akan diuntungkan. Keuntungan yang akan didapatkan oleh pendaki adalah air yang melimpah.

Ya, pada jalur pendakian ini setiap shelternya terdapat sumber air.

Pendakian Gunung Arjuna akan berakhir di puncaknya yang bernama Puncak Ogal-Agil. Alasan dari penamaan ini adalah adanya batu yang dulunya terletak di bibir kawah.

Batu ini akan bergoyang setiap ada angin yang menerpa, itulah mengapa puncak ini dinamai sebagai Puncak Ogal-Agil.

Gunung Bromo

Berbeda dari dua gunung sebelumnya, Gunung Bromo bukanlah tujuan mendaki dari mereka yang ingin mendaki gunung.

Meskipun bukan untuk mendaki tetapi tetap saja Anda bisa menikmati keindahan alam yang disajikan gunung ini.

Bahkan rasanya menjadi sebuah kewajiban untuk berkunjung ke destinasi wisata di sekitar Gunung Bromo saat Anda sedang di Malang. Karena saking indahnya, aneka wisata di Gunung Bromo ini sering dikunjungi oleh wisatawan luar negeri.

Adapun berbagai destinasi wisata yang ada di sekitar Gunung Bromo antara lain Kawah Bromo, Bukit Teletubies, Puncak Penanjakan, dan Gunung Batok.

Gunung Bromo memang bukanlah tujuan dari sebuah pendakian, tetapi Anda tetap bisa melakukan pendakian di lerengnya.

Adapun jalur pendakian yang bisa dipilih antara lain jalur Nongkojajar, jalur Tumpang, dan jalur Probolinggo.

Untuk Anda yang sedang berada di Malang dan ingin segera merasakan pendakian di Gunung Bromo maka disarankan untuk memilih jalur pendakian Tumpang.

Namun demikian, jalur pendakian Nongkojajar adalah jalur pendakian yang paling difavoritkan. Alasannya, pada jalur pendakian ini ada spot indah yang tidak bisa ditemukan di jalur pendakian lain. Spot tersebut adalah Puncak Penanjakan.

Gunung Semeru

Paling populer dan paling banyak dikenal orang, Gunung Bromo tentunya masuk dalam daftar gunung yang ada di Malang kali ini.

Dengan ketinggian sebesar 3676 meter dari permukaan laut, Gunung Bromo dinobatkan sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Ada berbagai nilai tambah dari gunung ini yang mana membuat para pendaki sangat ingin untuk mencoba gunung yang satu ini.

Gunung Semeru memiliki panorama alam yang indah, panorama indah ini bisa memuaskan mata para pendaki dan tetap semangat untuk mendaki sampai puncak. Puncak tertinggi dari gunung ini adalah Puncak Mahameru.

Sebelum sampai ke puncak Mahameru, pendaki akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan sebuah danau alami yang terletak di lereng Gunung Semeru.

Adapun danau yang terlihat sangat cantik ini adalah danau Ranu Kumbolo. Sebagian pendaki menjadikan puncak Mahameru sebagai tujuan utama pendakian. Namun ada juga yang menjadikan danau Ranu Kumbolo sebagai tujuan utama.

Gunung Semeru memang menjadi gunung yang harus Anda jadikan sebagai salah satu rencana liburan Anda selama di Malang.

Selain puncak dan danau, di gunung ini juga Anda akan menemukan berbagai keindahan alam yang tak akan Anda temukan di dataran rendah.

Keindahan alam ini berupa rindangnya pepohonan dan sebuah sabana rumput yang suasananya sejuk.

Tips Mendaki Gunung di Malang

Mendaki gunung bukanlah aktivitas olahraga sembarangan yang bisa dilakukan tanpa persiapan. Diperlukan adanya persiapan yang matang untuk melakukan pendakian, baik itu persiapan mental, fisik, dan finansial.

  • Disarankan untuk melakukan latihan olahraga sebelum mendaki gunung supaya otot Anda mulai terbiasa bekerja berat. Ya, nantinya Anda akan terus berjalan dengan kemiringan yang semakin curam.
  • Anda juga akan membawa beberapa peralatan camping yang cukup berat. Peralatan camping yang akan Anda butuhkan antara lain tenda, alat masak khusus, kompor portable, sleeping bag, makanan, minuman, dan pakaian.
  • Disarankan untuk membawa air yang cukup untuk mendaki, karena pastinya aktivitas mendaki akan memaksa pendaki untuk mengeluarkan banyak tenaga dan stamina.
  • Jangan lupa untuk membawa obat-obatan, terutama obat untuk menghindarkan dingin. Anda bisa membawa minyak angin, dan obat lainnya yang Anda butuhkan.
  • Saat mendaki, istirahatkah apabila mulai merasa lelah. Jangan paksakan badan yang lelah untuk terus mendaki karena bisa berakibat fatal.
  • Sebisa mungkin jangan mendaki sendirian, terutama bagi Anda yang masih pemula. Tiga hingga tujuh teman saat mendaki bisa jadi ide yang bagus.
  • Jangan terlalu memanfaatkan mie instan untuk sumber energi. Kesalahan yang banyak dilakukan orang ini terus berulang dan mungkin mereka kurang tahu dampaknya. Pilihlah makanan pokok seperti nasi atau roti untuk mengembalikan energi.
  • Carilah penginapan dengan lokasi strategis. Jika kebetulan Anda sedang di Malang, Anda bisa menginap di Villa Balqis Batu. Harga lumayan murah dan lokasi cukup strategis.

Demikian informasi singkat beberapa objek wisata gunung di Malang, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *